tutorial blogger Indonesia

Ngengat Ini Terbang dari Malaysia ke Inggris

on Kamis, 25 Oktober 2012

Seekor ngengat berwarna cokelat dengan sayap lebar bercorak itu ditemukan di kebun belakang rumah keluarga Blackmore di daerah Lancashire, Inggris. Namun, hewan mirip kupu-kupu raksasa ini ternyata bukan penghuni asli kawasan tersebut.

Serangga yang dikenal dengan sebutan ngengat Atlas raksasa ini biasanya terlihat di kawasan Asia Tenggara, khususnya Malaysia. Anehnya, ngengat yang satu ini berada sejauh lebih dari 9 ribu kilometer dari kampung halamannya.

Keluarga Blackmore, yang belum pernah menjumpai ngengat Atlas raksasa, memutuskan menangkap dan memindahkannya ke pusat pemeliharaan kupu-kupu Animal World di Bolton, pertengahan Agustus lalu.

"Sulit dipercaya ngengat Atlas ditemukan di halaman belakang rumah di Inggris. Ngengat itu pasti lolos dari koleksi pribadi," kata Manajer Animal World, Mark Lightowler, Selasa 23 Oktober 2012.

Lightowler, yang awalnya ragu justru berbalik kagum saat dua pekan lalu ngengat itu meletakkan beberapa telur yang kemudian menetas menjadi ulat. "Ngengat itu mampu bertelur. Ini menakjubkan," ujarnya.

Kini ulat-ulat itu sudah tumbuh sepanjang 12,5 sentimeter. Lightowler yakin ngengat Atlas ini akan mampu bertahan hidup di alam liar di Eropa, jauh dari tempat asalnya di Malaysia.

Ngengat Atlas raksasa (Attacus atlas) biasa ditemukan di hutan tropis dan subtropis Asia Tenggara. Ngengat Atlas dianggap sebagai spesies ngengat terbesar di dunia. Bentang sayapnya lebih dari 25 sentimeter dengan luas permukaan 400 sentimeter persegi.

Ranking: 5

{ 1 komentar ... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

masa seh?????


Jumat, 26 Oktober 2012 pukul 09.24.00 MDT

Posting Komentar

 
© Pandu KM (INGIN BERBAGI) | All Rights Reserved
Bloggerized By Imuzcorner | Powered By Blogger | CoolBiz Blogger Template By Free Blogger Template